Umum  

Tak Hanya Bersikap Netral, Angkatan Laut Kotabaru Siap Amankan Pemilu 2024

Danlanal bersama Forkopimda Kotabaru usai gelar pasukan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024. Foto by adainfo.net

 

ADAINFO, KOTABARU – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Kotabaru Letkol Laut (P) Hapsoro beserta seluruh prajuritnya menyatakan bersikap netral dalam pesta demokrasi yang akan dihelat tahun 2024 mendatang.

Komitmen itu disampaikan tegas Danlanal di sela gelar pasukan sebagai persiapan pengamanan Pemilu di dermaga keamanan laut Mako Lanal Kotabaru, Kamis (23/11).

“Ditegaskan kembali, kami jajaran TNI AL akan tetap menjunjung netralitas dalam menghadapi tahun politik 2024, sebagaimana amanat UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu,” tegas Hapsoro.

Selain itu, orang nomor satu di jajaran Mako Lanal Bumi Sa Ijaan ini juga mengaku siap mengawal dan mengamankan baik di wilayah darat maupun laut jalannya pesta demokrasi bersama dengan para pihak terkait.

“Jadi, apel gabungan itu digelar sekaligus mengecek kesiapan baik personel maupun beragam armada kami untuk pengamanan Pemilu nanti di Kotabaru,” tutur dia.

Sementara beragam armada atau alutsista yang siap diterjunkan Lanal Kotabaru antara lain KAL Kelambau II-13-49, Ambulance Laut, Sea Rider, Perahu Karet, Patkamla serta kendaraan darat.

Semua armada itu akan diterjunkan guna mendukung dan membantu aparat Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kepolisian Polres Kotabaru serta pihak penyelenggara Pemilu 2024 mendatang. (MI)