Umum  

Ratusan Generasi Muda Pulau Laut Beramai-ramai Daftar Polisi

Seleksi penerimaan Polri di Mapolres Kotabaru. Foto by adainfo.net

 

ADAINFO, KOTABARU – Tahapan penerimaan anggota Polri resmi terus berjalan. Khusus generasi muda mudi di Kotabaru terpantau ramai mengikuti seleksi untuk menjadi anggota polisi.

Bahkan, berdasarkan catatan Bagian Sumber Daya Manusia (BAG SDM) Polres Kotabaru sejauh ini peserta yang telah mendaftar berjumlah ratusan orang.

Sementara rinciannya sendiri ialah, sebanyak 137 orang untuk bintara polisi tugas umum (PTU) terdiri dari 120 Polri, 17 Polwan, 9 orang Bintara Rekpro dan 10 orang Tamtama Polri.

Kapolres Kotabaru AKBP Dr Tri Suhartanto melalui Kabag SDM AKP Machmoud Terryadi mengatakan peminat atau pendaftar penerimaan anggota Polri cukup antusias tahun ini.

Total keseluruhannya yang terdaftar pun mencapai 156 orang.

“Memang sejauh ini jumlah pendaftarnya memang cukup banyak,” ujar Terry, Selasa 23 April 2024 malam.

Menurut dia, penerimaan anggota Polri tahun 2024 tengah berjalan dan memasuki tahapan pemeriksaan administrasi (Rikmin) di Aula Mapolres Kotabaru.

Sebelumnya para peserta mendaftarkan diri melalui aplikasi resmi https://Penerimaan.polri.go.id.

Rikmin sendiri meliputi pengukuran berat dan tinggi badan, pemeriksaan data diri dari Disdukcapil, pemeriksaan ijazah dari Dinas Pendidikan, pemeriksaan umur, pemeriksaan kelengkapan berkas dan pemeriksaan mental kepribadian (PMK).

Selain itu, Kasat memastikan Rikmim tahapan awal dilaksanakan secara transparan dan akuntabel.

Menghindari isu negatif, Rikmin diawasi ketat oleh panitia internal dan melibatkan pihak eksternal, yaitu dari Disdukcapil yang melakukan pemeriksaan keabsahan KTP peserta, orang tua, Kartu Keluarga (KK) dan domisili peserta.

Tanpa terkecuali pihak dari Dinas pendidikan perihal pemeriksaan keabsahan ijazah para peserta.

 “Jadi, bantuan dari pihak terkait ini membantu pengecekan berkas. Utamanya untuk memeriksa jika ada kekeliruan nama atau tulisan,” ujarnya.

“Peserta yang bersangkutan juga bisa saja menggunakan surat keterangan dari dinas terkait,” terang Terry.

Terry menegaskan penerimaan Polri 2024 dilakukan mengedepankan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis (BETAH).

Perihal penerimaan, tidak cerita kata toleransi pungli oleh oknum.

“Perlu disampaikan kembali, bagi generasi yang berminat untuk mendaftar Polri, kesempatan masih dibuka hingga 25 April 2024 nanti,” tuturnya mengakhiri. (duki).