Perayaan Germas di Kotabaru, Sekda Said : Upaya Tekan Angka Stunting

Sekdakab Kotabaru bersama Forkopimda saat menghadiri perayaan Germas di Siringlaut Kotabaru. Foto by Diskominfo Kotabaru.

 

ADAINFO, KOTABARUSekretaris daerah kabupaten kotabaru H. Said akhmad menghadiri perayaan Gerakan Masyarakat Sehat ( germas ) dalam pencegahan stunting yang berlangsung di obyek wisata siring laut, Minggu pagi (28/5/23).

Kegiatan Germas ini berdasarkan undang undang nomor 36 tahun tentang kesehatan sesuai Inpres No. 1 tahun 2017 gerakan masyarakat hidup sehat, serta  Perbup Kotabaru No. 130 tahun 2020 tentang gerakan masyarakat hidup sehat di kabupaten kotabaru.

Sekdakab Kotabaru H Said Akhmad yang membacakan sambutan tertulis Bupati Kotabaru, mengatakan melalui gerakan masyarakat hidup sehat gerakan cegah stunting, kita bersama bisa meningkatkan kesadaran, memberi motivasi dan edukasi gaya hidup sehat kepada masyarakat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

“ Germas menjadi salah satu upaya promotif-preventif yang diharapkan dapat mencegah dan mengatasi permasalahan-permasalahan kesehatan yang ada pada saat ini, termasuk untuk mendukung percepatan penurunan stunting, “ Kata Said.

“Marilah kita secara bersama-sama memulai komitmen kita untuk membudayakan gerakan ini mulai dari diri kita sendiri, keluarga dan masyarakat serta menyamakan persepsi kita untuk melahirkan generasi yang berkualitas, “ sambungnya.

Sementara, Kadinkes Kotabaru Erwin Simanjuntak menyebut upaya Germas dengan tema mencegah stunting bersifat adalah tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitative, karena kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang oleh pemerintah pusat sampai pemerintah daerah ditempat provinsi kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa dengan melibatkan peran lintas program, lintas sector, swasta ( Dunia Usaha ) serta peran aktif seluruh masyarakat dan Kemitraan.

“ Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk penggerakan masyarakat berupa senam bersama, deklarasi germas, makan buah bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis serta penyajian materi tentang stunting, “ kata Erwin.

Lanjut Erwin, tujuan dari kegiatan ini adalah terlaksananya sosialisasi, tersebarluasnya informasi tentang Germas dan stunting.

Selain itu masyarakat dapat memperhatikan secara seksama mengenai perilaku pencegahan stunting dengan ABCDE yakni Aktif Minum Tablet Tambah Darah, Ibu Hamil teratur perikasa kehamilan, Cukup Konsumsi Protein Hewani, Datang Posyandu Setiap Bulan, Eksklusif ASI 6 Bulan.

“ Semoga dengan kegiatan ini dapat memotivasi seluruh SKPD, Lintas Sektor dan seluruh lapisan masyarakat agar dapat mandiri untuk selalu menggerakan perilaku hidup bersih dan sehat demi Kotabaru sehat Kotabaru Maju.” harapnya.

Acara Germas ini juga dihadiri Forkopimda, Assisten I dan II, Kepala SKPD dan masyarkat yang memadati obyek Wisata Siringlaut. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *