Diskominfo Kotabaru Sosialisasikan Indeks KAMI Guna Tingkatkan Keamanan Informasi.

Diskominfo Kotabaru Sosialisasi KAMI di Oproom Setda Kotabaru. Foto by Diskominfo Kotabaru.

ADAINFO, KOTABARU – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat dan disrupsi pola bisnis di era siber yang terus terjadi secara dinamis memunculkan resiko dan celah keamanan informasi.

Untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kotabaru melalui Bidang komuniasi publik dan persandian menggelar sosialisasi indeks keamanan informasi (KAMI) dilingkungan pemerintah kotabaru.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kotabaru H.Said Akhmad bertempat di Operation Room dan dihadiri SKPD terkait lingkup pemkab kotabaru, Selasa (21/11/23).

Dalam sambutannya, Said Akhmad mengatakan evaluasi dilakukan terhadap beberapa area target penerapan keamanan informasi dengan ruang lingkup pembahasan yang juga memenuhi semua aspek keamanan yang didefinisikan oleh standar SNI ISO/IEC 27001:2009.

Said bilang, melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan penguatan yang dilakukan dalam kegiatan keamanan informasi akan mendukung penyelenggaraan sistem pemerintah berbasis elektronik.

” Saya harap para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini secara serius agar dapat memahami penggunaan secara mandiri tingkat kematangan/ kesiapan penerapan tata kelola keamanan informasi di unit bersangkutan, ” harapnya.

Sementara itu Plt. Diskominfo Ir. Kamirudin mengatakan perlu indeks keamanan informasi adalah alat evaluasi untuk menganalisa tingkat pengamanan informasi sebuah sistem informasi untuk memberikan gambaran kondisi kesiapan dan kematangan penerapan kerangka kerja keamanan informasi didalam instansi pemerintah.

” Semakin tingginya teknologi informasi dimasyarakat maka menimbulkan resiko keamanan siber semakin tinggi dan rendahnya kesadaran akan tingginya keamanan informasi sehingga maraknya serangan hecker, serangan malware yang menyebabkan gangguan sampai dengan kerusakan elektronik, ” ungkap Kamir.

Ditambahkan Sekretaris Diskominfo, Gusti Abdul Wahid mengatakan indeks KAMI adalah alat evaluasi untuk menganalisa tingkat pengaman informasi sebuah sistem informasi untuk memberikan gambaran kondisi kesiapan dan kematangan penerapan kerangka kerja keamanan informasi.

Pengaman informasi merupakan sekumpulan metode untuk mewujudkan keamanan informasi yang harus dilaksanakan oleh seluruh instansi yang memilik sistem elektronik untuk mendukung kegiatan operasional.

Keamanan informasi adalah mekanisme pengamanan pada data dan informasi yang bertujuan untuk menjaga kerahasiaan, integritas dan ketersediaan data dan informasi yang ada pada sistem elektronik yang dikelola oleh instansi pemerintah daerah.

Dalam sosialisasi tersebut ada 3 narasumber yaitu dari Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan Sucilianita Akbar,SKM.MM dan Abdul Gafur,S.Pd serta dari BSSN Mochamad Jazuly,S.S.T.TP. (rls/awa)