Kisah Pemanjat Kotabaru Nekat Ambil Job Panjat Gedung hingga Puluhan Meter

Ancah saat beraksi memanjat salah satu gedung tinggi di Kotabaru. Foto by adainfo.net

 

ADAINFO, KOTABARU – Seorang pemanjat sekaligus pelatih panjat tebing senior di Bumi Saijaan nekat mengambil pekerjaan yang berisiko tinggi.

Berdasarkan pantauan media ini, ia harus bergelantungan memanjat gedung, menara masjid, hotel, serta bank hingga mencapai puluhan meter demi mendapatkan cuan.

Nama pemanjat yang sering membawa anak asuhnya meraih medali diberbagai ajang itu belakangan diketahui Hamzah Fansuri alias Ancah.

Hamzah sekaligus pria yang bernyali ini mengaku nekat mengambil pekerjaan di ketinggian karena jualan ragam peralatan petualangan sedang sepi pembeli belakangan ini.

“Iya, karena kondisi jualan lagi sepi, saya terpaksa ambil job itu, dan kebetulan memang keahlian saya di bidang panjat,” ujar Ancah, kepada Adainfo.net, Jumat 29 Maret 2024.

Menariknya, pria sekaligus Ketua Rope Access Crex Borneo Kotabaru saat mengerjakan perbaikan atap, pengecatan, hingga pembersihan di gedung-gedung menjulang ke langit itu selalu mengenakan kostum layaknya Spiderman.

Praktis aksinya juga acap menjadi tontonan banyak warga, hingga banyak yang mengaku khawatir akan keselamatannya karena ia memanjat hanya mengandalkan seutas tali meskipun sudah dipastikan aman oleh timnya.

Sementara sejumlah job ketinggian yang telah berhasil dikerjakannya itu ialah, memanjat dan membersihkan menara PLTA di Riam Kanan Martapura dengan ketinggian 30 meter.

Kemudian memanjat dan membersihkan menara Masjid Agung Husnul Khatimah sekitar 25 meter, dilanjutkan dengan pembersihan kaca hotel Grand Surya di ketinggian 20 meter.

Aksi berikutnya yakni membersihkan tangki jumbo milik PT Sime Darby Oils (SDO) Pulau Laut Refinery setinggi 20 meter dan disambung dengan pembersihan gedungnya setinggi 50 meter.

Selain itu, pembersihan gedung DPRD Kotabaru setinggi 25 meter, dan yang terbaru ini menaiki gedung Bank BRI Kotabaru dalam ketinggian 12 meter. (duki).