Layani Warga Kepulauan Terluar, Pemkab Kotabaru Hadirkan Ambulance Laut

Bupati Kotabaru H. Sayed jafar alaydrus mengecek unit Ambulance laut. Foto by Diskominfo Kotabaru.

 

ADAINFO, KOTABARU – Fasilitas  untuk menunjang pelayanan kesehatan warga pesisir dan kepulauan di Kabupaten Kotabaru kini semakin lengkap.

Pasalnya, Pemkab Kotabaru saat ini telah menyediakan unit Ambulance laut bagi masyarakat yang berada jauh dari pusat kota.

Total ada 4 unit Ambulance laut yang diserahkan ke Puskesmas di Kabupaten Kotabaru, yakni Puskesmas Marabatuan (Pulau sembilan), Puskesmas Tanjung lalak, Puskesmas Tanjung samalantakan, dan Puskesmas Pudi.

Penyerahan Ambulance laut sendiri dilakukan langsung oleh Bupati kotabaru H. Sayed Jafar di pelabuhan Fery stagen Kotabaru, Rabu (27/9/23).

Kegiatan seremonial penyerahan itu dihadiri tamu spesial yakni Direktur RS Sambang Lihum Kalsel. Turut hadir pula Forkopimda, Kepala SKPD, dan kepala puskesmas di 4 kecamatan penerima Ambulance laut.

Bupati kotabaru berharap Ambulance laut dapat mendukung layanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik dan menjangkau hingga ke pelosok desa, sehingga mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah dan cepat.

” Ambulance laut ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat mengingat masih adanya kendala transportasi bagi pasien dari kecamatan apabila harus dirujuk ke RSUD, ” ujar Sayed.

Ia juga berharap kehadiran ambulance laut dapat membantu peningkatan dan kecepatan layanan kesehatan bagi warga.

” Saya pesan kepada camat an Kapus agar sarana kesehatan ini bisa dijaga dan dirawat sebaik mungkin agar bisa bermanfaat untuk masyarakat dalam jangka waktu yang panjang, ” ujar Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Erwin Simanjuntak menambahkan 4 unit ambulance laut itu didapat dari dana DAK Kemenkes.

” Kedepannya kita akan perjuangkan agar dapat lagi ambulance laut ini untuk daerah sulit dijangkau lainnya, ” jelas Erwin.

Untuk operasionalnya, Erwin bilang sudah menyampaikan kepada puskesmas agar menyiapkan tenaga ahli dalam bidang speed, agar operasionalnya berjalan dengan lancar.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan juga Penandatanganan perjanjian kerjasama tentang pelayanan kesehatan melalui dana pendamping untuk masyarakat miskin/tidak mampu di kabupaten kotabaru oleh Dr.dr. Anna Martiana Afida ( spesialis psikologi klinik MP) selaku Direktur RS Sambang lihum Kalsel. (rls)